Baru Ngeblog Dah Pengen Dapat Duit, Pikir Ulang ya Bloggers

“Keren banget mas bro, bisa monetizing blognya! bisa dapat uang dari blog!  Mau juga dong. Gw baru bikin blog nih.”

Emang ya. Siapa yang gak mau. Nulis doang terus dapat duit. Monetizing blog gitu kerennya kalo blogger bilang. Belakangan ini emang banyak banget brand yang lirik melirik blogger Indonesia buat job review. Baru banget sih kalo buat Indonesia, di luar negeri mah udah lama.

Tapi karena barunya ini nih, jadi bikin orang pada mulai lirik-lirik bikin blog. Mau ngikut dapet duit gituh kayak orang di atas ituh. Yeah, doi itu mah cuma segelintir di antara sekian banyak orang lainnya yang tergiur buat dapetin duit dari blog.

Jadi deh semua pada rame-rame bikin blog biar dapet duit. Ya ampun masbro, mbaksist! Kalau emang dapet duit dari blog itu gampang, kenapa yang kaya dari blog itu dikit? Hayo cobak sebutin kalo banyak! Bisa gak? bisa gak?

A reality check Mas Bro Mbak Sis! Monetizing Blog is not an easy thing to do!

Apalagi kalau ente pade baru mau bikin blog! Yuk dah barengan bilang bhay!

Tapi Bisa Kan Broh Monetizing Blog buat Blog Baru?

easy-money-1Okay, pertanyaan dijawab pake pertanyaan ya. Coba deh, jawaban pertanyaan ini gimana:

“Brand sukaan sama yang sudah dikenal apa yang belum dikenal?”

Sama aja lah kayak bayar artis buat jadi bintang iklan. Sukaan pake bintang yang sudah punya nama atau yang masih baru dan gak ada orang kenal?

Ya sama juga kayak monetizing blog, brand mah sukanya cari yang udah ada nama. Udah ada pembaca setia. Let us just face it ok?! Siip!

Jadi kejawab kan ya…

Brand itu butuh blogger buat menyebarkan nama brand-nya. Semakin menyebar semakin baik (baca: penyebaran pembaca blog). Ingat, bagi brand, mendekat blogger sama saja kayak pasang iklan – ada budget ada target.

Jadi kalau blog baru gak bisa dong monetizing? Well, kalau orang bilang sih ya, buat blogger baru dan pemula, lupain dulu deh itu ngedapetin duit dari blog. Fokusin lah dulu ke beberapa hal penting terkait blog nya masbroh dan mbaksist. Nanti kalau udah gape dan stabil ngeblognya. Boleh deh mikirin dapet uangnya lagi.

Wong, Mbah Google aja hanya kasih blog yang udah 6 bulanan minimal buat bisa apply Adsense. Apa belom tahu Adsense itu apa udah sibuk nyari duit dari blog? Jadi kenapa mikirin duit sih kalau emang baru banget bikin blog….

Banyak Hal yang Harus dan Kudu Dipikirkan Sebelum Monetizing Blog

Monetizing Blog? Stop dulu deh kalo masih baru ngeblog

Monetizing Blog? Stop dulu deh kalo masih baru ngeblog

Buat blogger pemula, daripada mikirin mendapatkan uang dari blog, masih banyak hal yang perlu dipikirkan. Yang mana itu jauh lebih penting dari sekedar mendapatkan uang dari blog. Iya! banyak masbroh dan mbaksis yang lebih penting!

1. Pikirkan Tujuan Ngeblog Dulu

Banyak blogger yang bakalan bilang, “Gw ngeblog cuma buat curhat hihihi doang kok. Masa sampai harus mikirin tujuan gini segala sih Mbakbro?”

Well, to be honest with you, kalau lo emang  dah niat memikirkan monetizing blog sejak awal, lo harus rubah mindset yang blog cuma jadi tempat curhat doang! Tujuan lo kan mendapatkan uang dari blog.

Ya beda cerita sih masbro dan mbaksis dengan yang namanya ngeblog buat journal atau diary pribadi, seperti Raditya Dika dulu yang emang awal ngeblognya gak diniatin cari duit. Paling gak gitu sih yang dia bilang ya.

Kalau tujuan ngeblog sudah jelas di awal, branding blog jadi lebih gampang juga.

Apa pula itu branding kan?! Tujuan ngeblog di sini gak cuma masalah mau ngapain aja di blog, tapi juga nentuin fokus blognya apa. Kalo memang mau cari duit, blog yang punya fokus bahasan akan lebih mudah buat monetizing blog. Seriusan!

2. Tentukan Juga Strategi Promosi Blog!

Strategi promosi blognya gimana? Mau pakai Facebook Page? Udah tahu caranya apa belom? Pakai Twitter? Instagram? Facebook personal? Line@? Banyaakkk Masbro dan Mbaksis sarana promosinya!

Tapi selain sarana yang digunakan untuk promosi blog, perlu juga pikirkan itu cara promosinya. Kapan upload status blognya buat promo di masing-masing sosial media. Beda sosial media, beda waktu aktif loh. Kalau share di waktu yang tepat, blog lo pasti akan jauh lebih menyebar. Kalau kagak? Ya jangan harap deh bisa rame. Lah rame aja kagak gimana bisa mendapatkan uang dari blog kan?

Jangan sampai lupa kalo strategi promosi juga termasuk memikirkan siapa target pembaca blog yang ujungnya juga menentukan apa saja yang mau dituliskan.

Ribet kan Masbro dan Mbaksis? Gw sih kunyah apel aja biar sehat lihatin situ pada. Ya… namanya juga mau mendapatkan uang dari blog. Maunya nyantai? Hmmm… kalau mau santai, baca feed status facebook aja, lebih seru!

3. Pikirkan Cara Monetizing Blog

Habis dapat strategi yang pas buat blog gak langsung bisa dapet duit loh masbro dan mbaksis! Pilihan monetizing blog sendiri gak hanya job review. Jadi gak usah baper kalau banyak temen upload dan publish job review handphone terbaru, alat lenong termahal, atau kunjungan ke daerah di kota yang lo tinggal padahal dia gak tahu blogger dari mana.

Banyak banget opsi yang bisa dipilih. Ada Google Adsense. Ada Wordads. Selain itu masih ada lagi gak? Masih! BANYAK!

Pilihan lain mendapatkan uang dari blog bisa ikut afiliasi produk. Jadi kita menawarkan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari afiliasi ini. Kebayang gak hayo?

Ada juga dengan pasang banner di blog kita. Kita tawarkan aja ke yang mau pasang banner dengan harga tertentu. Harganya? Ya sepantesnya blog kita dan kita sendiri yang tentukan. Ya kalau blognya sepi masa berani pasang harga tiga juta sebulan kan? 😛

Pilihan lainnya adalah menjual produk kita sendiri di blog. Buat yang punya buku atau jasa, bisa banget pasang di blog sendiri. Jadi memang blognya dipakai buat jualan langsung tanpa pakai perantara. (Tapi kalau gak ada yang beli gimana dong Mbaksis dan Masbro?)

Nah, banyak kan opsi mendapatkan uang dari blog? Udah coba pelajari satu persatu? Mau yang mana?

Kenapa harus memikirkan ini juga sih, ribet amat? Memang kudu ribet, karena setiap opsi punya cara berbeda buat menghasilkan. Harus paham bener-bener soal cara tiap opsi biar gak capek sendiri dan tidak ada hasil!

Bikin duit gampang monetizing blog

Bikin duit gampang monetizing blog

4. Konsisten Dulu Baru Mikir Uang

Iyes, setelah mikirin semua di atas, masih belum sampai juga waktunya mendapatkan uang dari blognya. Seriusan. Diulangin lagi ya, bahkan setelah tahu strategi dan cara monetizenya, tidak serta merta bisa langsung menghasilkan uang dari blog! Gak gampang mamen monetizing blog! Bener-bener BW alias Butuh Waktu!

Butuh waktu buat apa? Buat blognya berkembang dulu.

Kalau di awal, harus buat isi blog dengan konten yang cocok. Cocok dengan tujuan dan niche blog yang tadi dipilih waktu bikin strategi dan kemudian cocok dengan promo blog lo. Trus cocok sama pembaca dan ocok sama cara monetizing blog.

Sudah ketemu yang cocok?

Kalau sudah ketemu, yang perlu lo lakukan adalah bikin terus konten yang sesuai secara rutin. Konsisten.

Ada yang bilang harus tiap hari. Ada yang bilang rutin mingguan. Ada yang bilang rutin bulanan.

Well, let me tell you this. Kalau blog lo baru, konsisten isi tiap hari lebih baik dari yang isi rutin bulanan. Tapi percuma juga kalau isi tiap hari tapi isinya gak bagus. Nahlo, rempong kan?

Konten yang harus ada di blog lo itu harus yang bermanfaat. Bermanfaat buat siapa? Ya pastinya buat yang baca lah masbro dan mbaksis. Jangan bermanfat buat diri lo sendiri tapi gak ada gunanya buat orang lain. Lagian yang kudu lo inget: Content is the King.

Konsisten dulu sama isi blog dengan konten berkualitas dan bermanfaat.

5. Fokus di Isi dan….

Ini nih…

Sering banget denger kan kalau blogger pemula dianjurkan untuk bikin blog lifestyle alias gado gado alias campur sari yang di dalamnya ada semua segala macam hal. Kenapa? Biar nantinya banyak brand bisa masuk karena blognya gak terbatas di niche tertentu.

Kenyataannya?

Gak gitu masbro mbaksis! Makin random blog bakalan makin susah diingat orang apaan sih spesifkasi lo. Kecuali kalo lo sendiri emang orang terkenal sebelum mulai ngeblog dan yang dah punya jutaan follower. Yang dengan senang hati orang akan baca dan syukur-syukur ngeshare post blog lo.

Makanya banyak blogger gado gado branding diri sedemikian rupa buat dapetin follower

Semakin diri lo fokus dalam blogging dan isi blog lo, semakin bagus!

Semakin kuat diri lo memahami blog lo, maka semakin kenceng diri lo memahami pembaca. Percaya deh, blog lo bakalan makin “femesh” dengan sendirinya. Ujungnya? Brand dan duit bakalan dateng sendiri!

Terus kalau udah fokus, ternyata gak dilirik juga sama brand? Duh… Apa ya gw kudu ngomong DL? *candaaaa!

Kan gw dah tulis di atas. Monetizing blog gak cuma job review dari brand. Banyak cara menuju Roma. Banyak cara mendapatkan uang dari blog. Coba aja baca-baca di Maxmonroe.com, sugeng.id, panduanim.com dan lainnya.

Masih mikirin gak dilirik brand? Kembangkan produk sendiri. Cari produk afiliasi. Jual Banner. Bahkan kalo perlu bikin kursus online tentang ngeblog seperti yang pernah dilakukan oleh salah satu teman blogger yang gw kenal.

Jadi… Kesimpulannya, Monetizing Blog itu…

Gak gampang! Gak disarankan buat blog baru! Gak dianjurkan buat blog yang traffic nya kecil. Gak juga buat blogger yang gak tahan mental.

Monetizing blog itu butuh waktu, butuh konsistensi, butuh strategi, butuh kesabaran dan butuh fokus.

Tinggalkan Balasan

Mau baca curhatan lain soal ngeblog?Buka
+
%d blogger menyukai ini: